SLASH
Syarat & Ketentuan Penggunaan Layanan Slash

Layanan Buy Now Pay Later yang diberikan pada aplikasi SLASH adalah layanan yang diberikan oleh PT ORI Services Indonesia (“SLASH” atau “Perusahaan”) selaku merchant yang menjual barang-barangnya sendiri kepada Pengguna dengan syarat dan ketentuan penjualan yang dicantumkan dalam syarat dan ketentuan ini dan dokumen jual beli Barang yang berlaku.

Setiap Pengguna yang mendaftar atau menggunakan Layanan SLASH, dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan SLASH ini (“Ketentuan SLASH”). Ketentuan SLASH ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah dan mengikat antara Pengguna dengan SLASH, dan Pengguna menyatakan persetujuannya secara tegas dan tanpa terkecuali untuk terikat dan tunduk pada Ketentuan SLASH dan Hukum (sebagaimana selanjutnya didefinisikan di bawah ini) yang berlaku terhadap Layanan SLASH, serta syarat dan ketentuan lainnya yang mengatur penggunaan Layanan SLASH.

Setiap orang atau badan hukum yang ingin menggunakan Layanan SLASH wajib untuk mendaftarkan dirinya sebagai Pengguna untuk dapat menggunakan Layanan SLASH (“Akun SLASH”). Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian atau seluruh isi Ketentuan SLASH ini, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan Layanan SLASH.

  1. DEFINISI
    1. Hukum adalah setiap undang-undang, peraturan serta peraturan pelaksananya, surat keputusan atau kebijakan yang berlaku dan memiliki kekuatan hukum termasuk peraturan, peraturan daerah, dan perundangan turunan lainnya, persyaratan dan pedoman dari pemerintah pusat, provinsi, wilayah, kotamadya, kabupaten, atau pemerintahan regional di Republik Indonesia dan yurisidiksi lainnya terkait dengan penyelenggaraan sistem elektronik, dan termasuk kementerian, departemen, komisi, biro, dewan, administratif dan/atau lembaga atau badan pengatur atau instrumen lain darinya yang secara hukum disyaratkan untuk dipatuhi oleh setiap Pihak.
    2. Informasi Pribadi adalah segala informasi atau data pribadi dari Pengguna (termasuk namun tidak terbatas pada tipe browser dan informasi teknis mengenai koneksi Pengguna ke host Perusahaan seperti sistem operasi, penyedia layanan internet dan informasi sejenis lainnya, dokumen identitas, foto diri, serta data atau dokumen pribadi milik Pengguna lainnya), sebagaimana dimaksud dan diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 20 Tahun 2016 mengenai Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik, sebagaimana diubah dari waktu ke waktu.
    3. Keadaan Memaksa (Force Majeure) adalah suatu peristiwa atau kejadian atau keadaan di luar kendali yang wajar dari suatu Pihak yang mempengaruhi masyarakat umum di negara atau wilayah pihak tersebut, dan yang mengakibatkan pihak tersebut tidak mampu mematuhi atau melakukan kewajibannya tepat waktu berdasarkan setiap ketentuan didalam Layanan SLASH dan setiap Perjanjian. Peristiwa atau kejadian atau keadaan tersebut termasuk tindakan industri atau sengketa buruh, buruh mogok, kerusuhan sipil, perang atau ancaman perang, tindakan kriminal atau teroris, tindakan atau peraturan pemerintah, kegagalan telekomunikasi atau utilitas, pemadaman listrik, kebakaran, ledakan, bencana alam, epidemik atau karantina. 
    4. Kebijakan Privasi (Privacy Policy) SLASH adalah suatu kebijakan privasi yang dibuat dan diatur oleh Perusahaan sehubungan dengan pengaksesan, perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penggunaan, penganalisaan, dan/atau pendistribusian, pengungkapan, penampilan, pengiriman, dan penyebarluasan setiap data pribadi dan/atau Informasi Pribadi Pengguna yang diperoleh dan diterima dari Pengguna.
    5. Layanan SLASH adalah suatu platform, aplikasi, layanan yang disediakan oleh SLASH, mapun layanan yang mempermudah Pengguna untuk melakukan pembelian Barang pada Aplikasi Slash mempertemukan antara merchant/penjual, dengan Pengguna, dengan Layanan SLASH dan termasuk juga semua informasi, fitur, data, teks, gambar, foto, grafik, pesan, konten, atau materi lainnya yang tersedia pada aplikasi atau situs SLASH. 
    6. One Time Password atau OTP adalah kode sandi digital yang dikirimkan ke nomor telepon terdaftar Pengguna yang hanya berlaku untuk satu sesi dan dalam periode waktu tertentu, untuk mengotentikasi dan mengidentifikasi Pengguna.
    7. Pengguna adalah setiap pihak yang menggunakan Layanan SLASH, termasuk namun tidak terbatas pada pihak yang telah terdaftar melalui Layanan SLASH ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs SLASH.
    8. Perjanjian adalah setiap perjanjian terkait Transaksi yang telah atau akan dibuat oleh dan mengikat antara para Pihak sebagaimana yang relevan.12. Perusahaan adalah PT ORI Services Indonesia, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia dan merupakan perusahaan yang menyelenggarakan dan menjalankan kegiatan usaha layanan sistem elektronik melalui Layanan SLASH. Selanjutnya disebut SLASH.
    9. Situs SLASH adalah www.getslash.id.
    10. Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik , sebagaimana perubahannya dari waktu ke waktu.
    11. Transaksi adalah SLASH Pengguna Pengguna SLASHSLASHPengguna Transaksi jual beli Barang antara SLASH dengan Pengguna sesuai dengan ketentuan Dokumen Jual Beli dan ketentuan pembayaran yang berlaku.
    12. WNA adalah singkatan dari warga negara asing.
    13. WNI adalah singkatan dari warga negara Indonesia.
  2. SYARAT DAN KETENTUAN UMUM
    1. Sebelum menggunakan Layanan SLASH, calon Pengguna wajib melakukan pendaftaran Akun SLASH melalui Layanan SLASH dengan membuat suatu akun pendaftaran khusus.
    2. Pada saat melakukan pendaftaran pertama kali untuk menjadi Pengguna, maka (i) calon Pengguna SLASH wajib membaca, mengerti, memahami dan menyetujui secara tegas dan tanpa terkecuali terhadap, dan untuk terikat dan tunduk kepada Ketentuan SLASH dan Kebijakan Privasi (Privacy Policy); dan kemudian (ii) calon SLASH wajib menyediakan dan memberikan Informasi Pribadi yang dipersyaratkan oleh Perusahaan dengan lengkap, benar dan akurat.
    3. Persyaratan umum untuk menjadi Pengguna adalah (i) orang perseorangan WNI; (ii) berusia minimal 21 tahun dan cakap hukum, tidak sedang dibawah pengampuan, mempunyai hak, kuasa, otoritas, dan wewenang yang diperlukan untuk melakukan tindakan hukum, termasuk memiliki kapasitas hukum untuk mengadakan perjanjian yang mengikat dan tunduk pada Layanan SLASH; (iii) memiliki kartu tanda penduduk (KTP) atau kartu identitas lain yang masih berlaku;  (iv) memiliki rekening bank di Indonesia (kecuali untuk produk Purchase Financing); dan (v) persyaratan lainnya sebagaimana ditentukan dari waktu ke waktu berdasarkan peraturan yang berlaku dan/atau kebijakan yang berlaku.
    4. Dengan membuat dan melakukan pendaftaran pada Akun SLASH, termasuk menggunakan produk, layanan, fasilitas, atau manfaat apa pun dalam Layanan SLASH, Pengguna menyatakan bahwa Pengguna memenuhi syarat yang diatur dalam Layanan SLASH. Dan dengan ini Pengguna juga secara tegas memberikan wewenang, menyetujui dan mengizinkan SLASH untuk melakukan verifikasi identitas Pengguna, melakukan pemeriksaan terhadap daftar hitam termasuk daftar kasus penipuan, pemeriksaan latar belakang, pemeriksaan riwayat, serta pemeriksaan lainnya yang diperlukan sesuai kebijakan SLASH, berdasarkan informasi yang diberikan oleh Pengguna, atau data yang diperoleh SLASH dari pihak lain.
    5. Pengguna, dalam hal badan usaha ataupun badan hukum, wajib didirikan dan tunduk kepada hukum yang berlaku di negara pendirian dari badan usaha atau badan hukum tersebut, dan memiliki kapasitas hukum, hak, kuasa, ijin, wewenang, serta otoritas yang diperlukan untuk melakukan tindakan hukum dalam menggunakan Layanan SLASH, melaksanakan ketentuan yang diatur dalam Ketentuan SLASH dan Kebijakan Privasi (Privacy Policy) SLASH. Selama menggunakan Layanan SLASH, Pengguna akan tetap memelihara berlakunya semua perizinan, lisensi dan sertifikat yang disyaratkan untuk melaksanakan ketentuan dalam Ketentuan SLASH ini.
    6. Pengguna menyatakan bahwa sehubungan dengan penandatanganan, penggunaan dan pelaksanaan Layanan SLASH, Pengguna telah, memperoleh semua izin dan persetujuan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada persetujuan korporasi yang diperlukan berdasarkan dokumen konsitutional/anggaran dasar Pengguna, atau persetujuan dari suami/istri yang sah, sebagaimana relevan, dan tidak bertentangan dengan ketentuan Hukum.
    7. Pengguna mengerti, memahami dan menyetujui bahwa ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Ketentuan SLASH ini adalah sah, berlaku dan mengikat Pengguna, sebagaimana relevan, dan dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuannya dan Hukum yang berlaku.
    8. Layanan jual beli Barang dengan berbasis teknologi informasi yang dioperasikan melalui Layanan SLASH merupakan kesepakatan dan keputusan perdata antara SLASH dengan Pengguna, sehingga segala risiko atas Transaksi menjadi tanggungan dari Pengguna selaku pembeli barang.
    9. Pengguna memahami bahwa kegagalan terhadap kewajiban Pembayaran oleh Pengguna berdasarkan Perjanjian yang relevan dapat berdampak pada (i) dilakukannya kegiatan penagihan oleh SLASH, atau pihak lain yang ditunjuk oleh SLASH kepada Pengguna; (ii) dilaporkannya Pengguna kepada pihak yang berwenang; dan (iii) peringkat kelayakan Pengguna;
    10. Pengguna menyetujui penggunaan Tanda Tangan Elektronik yang diselenggarakan oleh SLASH yang mana dalam hal ini Perusahaan menjalin kerjasama dengan pihak penyelenggara Tanda Tangan Elektronik yang terdaftar dan/atau diakui oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
    11. Pengguna menyetujui bahwa Perusahaan akan menyimpan data, keterangan dan informasi termasuk Informasi Pribadi yang disampaikan atau diberikan oleh Pengguna kepada Perusahaan (i) selama Pengguna terdaftar di Layanan SLASH dan tidak menutup akunnya; dan/atau (ii) selama 10 tahun sejak penutupan akun oleh Pengguna atau lebih dari 10 tahun apabila dipersyaratkan oleh otoritas berwenang.
    12. Dengan melanjutkan penggunaan Layanan SLASH, maka Pengguna memahami, mengerti, menyetujui dan menerima Ketentuan SLASH dan Kebijakan Privasi (Privacy Policy) SLASH dan Pengguna menyetujui bahwa Perusahaan dapat dan berhak meminta, menyimpan, mengumpulkan, memproses informasi yang Pengguna berikan dan/atau mengirimkan data atau informasi kepada pihak ketiga sehubungan dengan Informasi Pribadi dengan tujuan untuk, antara lain, melakukan verifikasi, pemeriksaan, penelaahan dan penilaian atas setiap informasi, identitas, data dan keterangan, termasuk untuk bekerjasama dengan pihak ketigauntuk melakukan penilaian profil Pengguna, penilaian asuransi dan lain-lain. Dalam hal ini, Perusahaan dapat memanfaatkan dan/atau memberikan Informasi Pribadi milik Pengguna kepada pihak lain sebagaimana diperlukan untuk akses dan penggunaan Layanan SLASH, yang antara lain termasuk:
      1. Direktorat Jendral Kependudukan dan Pencatatan Sipil (“Dukcapil”), Lembaga Negara yang memiliki pusat data kependudukan, atau pihak penyelenggara lainnya yang memiliki koneksi resmi ke Dukcapil atau Lembaga Negara untuk tujuan verifikasi keabsahan identitas Pengguna. Informasi Pribadi milik Pengguna dapat disimpan selamanya oleh Dukcapil atau Lembaga Negara, atau mengikuti ketentuan internal Dukcapil atau Lembaga Negara tersebut.
      2. Pihak penyelenggara Tanda Tangan Digital untuk kebutuhan pembuatan Tanda Tangan Elektronik yang dalam prosesnya dapat meliputi verifikasi keabsahan Pengguna dan pembuatan akun Tanda Tangan Elektronik pada penyelenggara Tanda Tangan Digital. Informasi Pribadi milik Pengguna akan tetap disimpan oleh penyelenggara Tanda Tangan Elektronik selama akun Pengguna pada penyelenggara Tanda Tangan Elektronik tidak ditutup.
      3. Mitra penagihan eksternal yang menjalin kerjasama dengan Perusahaan (apabila ada) yang mana dalam hal ini (i) pemberian Informasi Pribadi hanya akan dilakukan pada saat Pengguna belum melunasi Transaksi pada tanggal yang ditetapkan dalam jadwal pembayaran; dan (ii) Informasi Pribadi yang diberikan oleh Perusahaan hanya sebatas yang diperlukan untuk kegiatan penagihan saja. Informasi Pribadi milik Pengguna dapat disimpan oleh mitra penagihan eksternal selama berlakunya jangka waktu penunjukan tugas penagihan oleh Perusahaan.
      4. Mitra asuransi jiwa atau mitra penyelenggara penjaminan untuk kebutuhan mitigasi risiko bagi SLASH dan mitra asuransi perlindungan barang atau kerusakan barang bagi Pengguna atas barang yang dibeli. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan selama proses internal yang dilakukan oleh mitra asuransi jiwa, mitra asuransi perlindungan barang atau mitra penyelenggara penjaminan berlangsung atau sesuai kebijakan masing-masing pihak tersebut dan untuk tujuan tersebut Pengguna bersedia memberikan informasi dan data pribadi dalam format terpisah (sebagaimana relevan).
      5. Mitra usaha yang membantu Perusahaan dalam menyediakan Layanan SLASH, termasuk memroses transaksi, penyedia logistik, verifikasi pembayaran, promosi maupun penyedia fitur layanan lainnya dan pengiriman barang.
      6. Otoritas pengawas Perusahaan sehubungan dengan penyelenggaraan Layanan SLASH yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika (“Menkominfo”) untuk keperluan investigasi permasalahan Pengguna atas penggunaan Layanan SLASH oleh Pengguna, atau untuk hal-hal lain sesuai permintaan Menkominfo secara tertulis kepada Perusahaan. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh pihak Menkominfo dalam jangka waktu yang ditentukan menurut kebijakan Menkominfo.
      7. PPATK apabila Perusahaan mengidentifikasi adanya transaksi keuangan mencurigakan sebagaimana diatur pada ketentuan regulasi dan undang-undang mengenai pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh PPATK dalam jangka waktu yang ditentukan sepenuhnya oleh PPATK.
      8. Otoritas penegak hukum di Republik Indonesia antara lain Kepolisian Negara Republik Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi (“KPK”), Pengadilan, dan lain sebagainya (secara keseluruhan disebut “Otoritas Penegak Hukum”) untuk keperluan apapun terkait penegakan hukum yang diduga melibatkan Pengguna (antara lain namun tidak terbatas pada kasus pelanggaran hukum, kejahatan, pencucian uang, pendanaan terorisme, korupsi) yang dalam hal ini wajib diminta secara resmi dan tertulis oleh otoritas yang terkait tersebut. Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh Otoritas Penegak Hukum yang bersangkutan dalam jangka waktu yang ditentukan sepenuhnya oleh Otoritas Penegak Hukum tersebut.
      9. Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia (“DJP”) untuk pemenuhan kewajiban pelaporan informasi bagi Perusahaan sesuai ketentuan regulasi perpajakan yang berlaku antara lain peraturan mengenai pertukaran otomatis informasi perpajakan (automatic exchange of information). Informasi Pribadi milik Pengguna akan disimpan oleh DJP dalam jangka waktu yang ditentukan sepenuhnya oleh DJP.
    13. Pengguna yang bersedia menjadi SLASH wajib melaksanakan seluruh ketentuan didalam setiap Perjanjian yang akan dibuat dengan SLASH secara terpisah dan kemudian mengikuti setiap arahan yang telah ditentukan antara lain memberikan wewenang kepada Perusahaan (i) untuk memfasilitasi permintaan pembelian oleh Pengguna melalui Layanan SLASH; (ii) untuk mengatur dan mengelola mekanisme Pembayaran; dan (iii) untuk melakukan penagihan kepada Pengguna . Wewenang yang diberikan kepada Perusahaan oleh SLASH tidak dapat diartikan sebagai pengalihan tanggung jawab dan kewajiban dari SLASH kepada Perusahaan.
    14. SLASH, sepanjang diizinkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, memiliki hak penuh untuk menawarkan menentukan biaya administrasi yang akan dibebankan kepada Pengguna sehubungan dengan penggunaan Layanan SLASH.
    15. Atas pertimbangan secara sepihak sepenuhnya oleh Perusahaan, pembelian barang melalui Layanan SLASH dapat dilindungi oleh mitra asuransi jiwa dan  perlindungan barang. Dalam hal ini (i) Perusahaan memiliki hak penuh untuk menunjuk dan bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang menyediakan fasilitasasuransijiwa danmitra asuransi perlindungan barang dari waktu ke waktu; dan (ii) Perusahaan memiliki hak penuh untuk mengubah, mengganti, merevisi, membatalkan atau menghapus sebagian maupun keseluruhan dari ketentuan mengenai asuransi jiwa dan asuransi perlindungan barang termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang disebutkan pada butir (i) pada ayat ini (“Perubahan Ketentuan Asuransi Perlindungan Barang dan Asuransi Jiwa”) yang mana Perusahaan akan menginformasikan kepada Pengguna atas adanya Perubahan Ketentuan Asuransi Perlindungan Barang dan Asuransi Jiwa melalui Layanan SLASH dan/atau melalui sarana yang ditentukan oleh Perusahaan. Demi menghindari keragu-raguan, ketentuan asuransi ini tidak mengikat Perusahaan dan Pengguna setuju untuk melepaskan segala hak tuntutan kepada Perusahaan sehubungan dengan apapun terkait dengan ketentuan asuransi ini.
    16. Atas pertimbangan secara sepihak sepenuhnya oleh Perusahaan, untuk keperluan perlindungan barang atau kerusakan barang, Perusahaan dapat mendaftarkan Pengguna pada layanan perlindungan barang. Dalam hal ini Perusahaan memiliki hak penuh untuk menunjuk dan bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang menyediakan fasilitas perlindungan barang atau kerusakan barang.
    17. Perusahaan berhak untuk melaporkan kepada pihak yang terkait, termasuk namun tidak terbatas pada OJK, PPATK dan/atau instansi terkait dalam hal terdapat informasi, data dan keterangan yang diberikan oleh Pengguna bertentangan dengan Hukum.
    18. SLASH akan  dan berhak untuk mengirimkan pemberitahuan kepada Pengguna sehubungan dengan Pembayaran atas Transaksi (beserta dengan seluruh denda, biaya dan jumlah apapun lainnya yang terhutang oleh Pengguna berdasarkan Perjanjian) yang belum dilakukan setelah tanggal jatuh tempo.

C. HAK DAN BATAS PERTANGGUNG JAWABAN PERUSAHAAN

Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Perusahaan hanya menyediakan, menyelenggarakan, mengelola dan mengoperasikan Layanan SLASH, dan dengan demikian:

    1. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas kelengkapan, keakuratan, ketepatan, dan kebenaran setiap data, keterangan serta informasi (termasuk Informasi Pribadi) yang diberikan atau data yang diunggah (upload) oleh Pengguna.
    2. Layanan SLASH dapat mengalami keterbatasan maupun masalah-masalah lain yang terdapat dalam penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk perangkat Pengguna, pihak ketiga yang rusak, tidak terhubung dengan internet, berada di luar jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kegagalan pengiriman, kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh masalah-masalah tersebut.
    3. Perusahaan tidak memberikan rekomendasi apapun kepada Pengguna atas setiap hal sehubungan dengan Layanan SLASH.
    4. Perusahaan akan menjaga kerahasiaan data/informasi (termasuk Informasi Pribadi) dari setiap Pengguna, kecuali ditentukan lain sebagaimana mengacu pada bagian [B ayat 12] dalam Ketentuan SLASH ini.
    5. SLASH memiliki hak berdasarkan kebijaksanaannya sendiri untuk:
      1. Menolak permohonan pendaftaran calon Pengguna;
      2. Menolak/membatalkan/menunda permohonan Pengguna untuk menggunakan Layanan SLASH dan/atau berpartisipasi dalam Layanan SLASH;
      3. Melakukan verifikasi, pemeriksaan dan penelaahan atas setiap informasi, data dan keterangan yang diberikan oleh Pengguna; dan
      4. Menunda atau menolak Transaksi pada Platform SLASH dalam hal terdapat informasi, data dan keterangan tidak lengkap, tidak akurat atau tidak benar serta bertentangan dengan Hukum, ketentuan SLASH, ketentuan Kebijakan Privacy (Privacy Policy) SLASH, atau karena kebijakan Perusahaan (termasuk namun tidak terbatas dalam hal Perusahaan menemukan adanya indikasi, hal mana tidak memerlukan pembuktian terlebih dahulu) bahwa Transaksi akan digunakan untuk pendanaan kegiatan terorisme atau tindakan pencucian uang atau tindakan lainnya yang bertentangan dengan setiap hukum yang berlaku).
    6. Perusahan berhak menerima setiap Pembayaran (beserta dengan seluruh denda, biaya dan jumlah apapun lainnya yang terhutang oleh Pengguna berdasarkan Perjanjian) dari Pengguna melalui rekening virtual (virtual account) milik Perusahaan.
    7. Perusahaan berhak menentukan skema dan ketentuan komersil terkait pendanaan yang ditawarkan kepada Pengguna dengan keputusan atau persetujuan atas ketentuan komersil sepenuhnya menjadi tanggung jawab dan hak Pengguna.
    8. Perusahaan memiliki hak penuh untuk menentukan bank beserta rekening yang digunakan sehubungan dengan Layanan SLASH.
    9. Seluruh konten yang ada didalam Layanan SLASH adalah milik Perusahaan termasuk merek dagang, logo dan tulisan “SLASH” telah didaftarkan pada Direktorat Jenderal Hak Atas Kekayaan Intelektual Properti Departemen Hukum dan Hak Asasi Indonesia. Seluruh penggunaan atas, domain desain, merek dagang, logo atau tulisan sehubungan dengan Layanan SLASH, selain Perusahaan, harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Perusahaan. Pengguna setuju untuk tidak melakukan pendaftaran apapun atas domain desain, merek dagang, logo atau tulisan sehubungan dengan Layanan SLASH.

D. HAK DAN KEWAJIBAN PENGGUNA

    1. Seluruh ketentuan yang diatur didalam Perjanjian yang akan ditandatangani oleh dan antara SLASH dan Pengguna secara terpisah akan serta merta mengikat SLASH dan Pengguna sampai dengan dibayarkan secara penuh Transaksi oleh Pengguna sebagaimana diatur lebih lanjut dalam Perjanjian.
    2. Konfirmasi atau persetujuan oleh SLASH atau Pengguna pada Layanan SLASH tidak dapat dibatalkan oleh karena sebab apapun.
    3. Pengguna telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui untuk tidak akan membagikan informasi Akun SLASH atau informasi login, atau membiarkan pihak lain dapat mengakses Akun SLASH atau melakukan hal lain yang dapat membahayakan keamanan Akun SLASH. Jika Pengguna mengetahui atau mencurigai adanya pelanggaran keamanan, termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan, pencurian, atau pengungkapan yang tidak sah atas informasi Akun SLASH atau informasi login, Pengguna wajib dengan segera memberitahukan Perusahaan dan mengubah informasi login atau Akun SLASH.
    4. Pengguna wajib dan bertanggung jawab penuh untuk menyimpan dan merahasiakan username, kode rahasia, kata sandi/password, OTP atau informasi lainnya (termasuk Informasi Pribadi) yang digunakan untuk mengotentikasi dan mengidentifikasi Pengguna sehubungan dengan pengaksesan dan penggunaan Layanan SLASH oleh Pengguna(“Kredensial Unik Pengguna”), sehingga dalam hal ini Pengguna wajib memahami dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap seluruh aktivitas yang dilakukannya dalam Layanan SLASH, termasuk semua penggunaan Layanan SLASH dan informasi login atau kegiatan pembelian, baik disahkan atau tidak oleh Pengguna. Setiap konfirmasi atau persetujuan dari Pengguna yang menggunakan Kredensial Unik Pengguna dianggap sah (yaitu dibuat dan dilaksanakan oleh Pengguna) dan mengikat. Kelalaian terhadap penyimpanan dan kerahasiaan Kredensial Unik Pengguna oleh Pengguna menjadi tanggung jawab Pengguna sepenuhnya, namun tanpa mengesampingkan hal tersebut apabila Pengguna mengetahui adanya penyalahgunaan Kredensial Unik Pengguna terkait pengaksesan akun miliknya pada Layanan SLASH oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab atau Pengguna mengetahui adanya kebocoran Informasi Pribadi maupun Kredensial Unik Pengguna pada sistem Layanan SLASH maka Pengguna wajib memberitahu Perusahaan tentang keadaan tersebut. Perusahaan tidak akan bertanggung jawab dan akan dibebaskan dari setiap kerugian, tuntutan dan klaim dari pihak lain sehubungan dengan penggunaan Akun SLASH atau rekening Pengguna atau Kredensial Unik Pengguna, baik dengan atau tanpa sepengetahuan Pengguna. Pengguna dapat bertanggung jawab atas setiap kerugian, tuntutan atau klaim dari pihak ketiga terhadap Perusahaan karena pihak ketiga menggunakan Akun SLASH atau rekening Pengguna atau Kredensial Pengguna Unik. Pengguna menyetujui untuk bertanggung jawab atas Akun SLASH yang dimiliki, didaftarkan dan digunakan oleh Pengguna pada Layanan SLASH. Perusahaan atau pihak lain yang ditunjuk oleh Perusahaan berhak untuk menghapuskan atau mengklaim kembali nama Pengguna kapan saja dan dengan alasan apa pun.
    5. Pengguna dilarang menyalahgunakan Layanan SLASH untuk kegiatan atau aktivitas yang berhubungan dengan unsur pencucian uang atau pendanaan terorisme, politik uang, pelanggaran terhadap norma-norma sosial, pendanaan kelompok-kelompok yang dilarang berdasarkan oleh ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku, pendanaan perdagangan obat-obatan terlarang (narkotika atau psikotropika) dan/atau kegiatan lainnya yang melanggar ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia (selanjutnya secara keseluruhan disebut “Pelanggaran Hukum”). Pengguna memahami bahwa (i) Perusahaan berhak untuk melaporkan kepada otoritas yang relevan sesuai regulasi atau undang-undang yang berlaku apabila Perusahaan menemukan adanya indikasi Pelanggaran Hukum oleh Pengguna atau Pengguna terbukti secara hukum melakukan Pelanggaran Hukum; dan (ii) Perusahaan berhak untuk memblokir akun Layanan SLASH, sebagaimana relevan.
    6. Pengguna wajib memberikan informasi, data dan keterangan secara lengkap, benar dan akurat termasuk informasi mengenai Transaksi. Jika adanya informasi yang diberikan yang tidak benar, tidak terkini, atau tidak lengkap, maka Perusahaan berhak untuk membatalkan pendaftaran Pengguna, menangguhkan Akun SLASH Pengguna, menolak permohonan yang telah dikirimkan, atau membatasi penggunaan Layanan SLASH. Perusahaan juga berhak menolak pendaftaran, menolak akses ke Layanan SLASH
    7. Pengguna wajib melakukan pengkinian setiap informasi, data dan keterangan yang diberikan kepada Perusahaan atau diunggah ke Layanan SLASH dari waktu ke waktu (“Pengkinian Data”) dan Pengguna akan membebaskan Perusahaan atas kerugian apapun oleh karena kelalaian melakukan Pengkinian Data oleh Pengguna.
    8. Pengguna menyetujui bahwa semua dokumen atau pemberitahuan dapat dikirimkan kepada Pengguna baik secara elektronik atau melalui akses pada Layanan SLASH dan/atau alamat email Pengguna yang terdaftar pada Akun SLASH.
    9. Pengguna memahami bahwa Perusahaan akan melakukan penelaahan, pemeriksaan dan penelitian atas informasi mengenai transaksi sebelum menentukan dan menyetujui Transaksi.
    10. SLASH berhak menerima setiap Pembayaran (beserta dengan seluruh denda, biaya dan jumlah apapun lainnya sebagaimana yang berlaku dan terhutang oleh Pengguna berdasarkan Perjanjian) dari Pengguna melalui rekening virtualnya (virtual account) yang kemudian diteruskan ke dalam rekening penampungan (escrow account) milik Perusahaan dan menyalurkannya kepada rekening SLASH sesuai Hukum yang berlaku setelah dipotong oleh biaya-biaya terkait lainnya, sebagaimana relevan dan berlaku, dan pajak sesuai Hukum yang berlaku sebagai bentuk Pembayaran atau pelunasan atas Transaksi sesuai dengan ketentuan yang diperjanjikan didalam Perjanjian. Pengguna memberikan kewenangan dan otorisasi kepada Perusahaan untuk melakukan pemotongan atas sebagian dari Pembayaran yang menjadi hak Perusahaan dan SLASH sebagai bentuk pembayaran biaya-biaya terkait lainnya, sepanjang relevan dan berlaku, atas seluruh jasa yang diberikan Perusahaan sebelum disalurkan ke rekening SLASH sesuai dengan Hukum yang berlaku ketentuan dan tata cara sebagaimana disetujui dalam Ketentuan ini dan Perjanjian.
    11. Pengguna tidak dapat membatalkan pengajuan Transaksi yang telah disetujui pendanaannya. Barang yang sudah melalui Proses Transaksi tidak dapat dikembalikan untuk dapat pengembalian dana pembelian.
    12. Untuk menghindari keragu-raguan, Pengguna tidak dapat mengakhiri perjanjian secara sepihak atau membatalkan pendaftaran sebagai Pengguna Layanan SLASH dengan sebab/alasan apapun kecuali apabila seluruh kewajiban Pembayaran (beserta dengan seluruh denda, biaya dan jumlah apapun lainnya yang terhutang oleh Pengguna berdasarkan perjanjian) telah sepenuhnya dilunasi.
    13. Pengguna wajib setiap saat mempertimbangkan nilai Transaksi dan setiap biaya yang wajib dibayarkan sesuai dengan kemampuannya dalam melunasi biaya Transaksi.
    14. Pengguna wajib bekerjasama dan memberikan setiap keterangan yang diperlukan kepada OJK, PPATK, polisi, dan aparat penegak hukum lainnya, dalam hal terdapat informasi (termasuk Informasi Pribadi), data dan keterangan yang diberikan oleh Pengguna bertentangan dengan Hukum.
    15. Pengguna telah memahami, mengerti dan menyetujui bahwa dalam hal terdapat produk dan layanan yang baru pada Layanan SLASH, maka Pengguna akan mempelajari dan memahami perjanjian atau dokumen sebagaimana diperlukan untuk membuat dan mengatur syarat dan ketentuan yang terkait dengan produk dan layanan yang baru pada Layanan SLASH tersebut.

E. KONTEN PENGGUNA

Dengan mengunggah (upload) informasi atau data ke Layanan SLASH, Pengguna menyatakan, mengakui dan menyetujui bahwa Pengguna adalah pemilik dan pemegang informasi atau data yang diunggah (upload) ke Layanan SLASH serta berhak untuk mengunggah (upload) informasi atau data tersebut ke Layanan SLASH.

F. KONTEN DAN LAYANAN PIHAK KETIGA

Layanan SLASH dapat berisi konten yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai rekanan yang bekerjasama dengan SLASH. Pengguna telah memahami, mengerti, mengakui dan menyetujui bahwa Perusahaan akan dibebaskan dan tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas ketersediaan, keakuratan, kesesuaian, kelengkapan atau kebenaran layanan, konten atau produk yang disediakan melalui layanan pihak ketiga tersebut. Perusahaan tidak membuat representasi atau jaminan apa pun tentang layanan, konten, dan/atau produk yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai rekanan yang bekerjasama dengan Perusahaan.

G. PRODUK DAN LAYANAN DARI REKANAN

Untuk setiap pembelian barang, produk dan layanan dari pihak ketiga yaitu rekanan Perusahaan yang bekerjasama dengan SLASH dan tersedia melalui Layanan SLASH, maka Pengguna diharapkan untuk mengerti, memahami dan melakukan uji tuntas atas setiap rekanan yang akan bertransaksi dengan Pengguna. Pengguna menyetujui untuk membebaskan Perusahaan atas setiap barang, produk dan layanan yang dibeli dari pihak ketiga tersebut.

H. PENOLAKAN JAMINAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB

SLASH selalu berupaya untuk menjaga Layanan SLASH aman, nyaman dan berfungsi dengan baik, namun apabila terjadi gangguan teknis pada Layanan SLASH, Perusahaan akan memberitahukan kepada Pengguna dan dengan upaya terbaiknya menyelesaikan gangguan teknis tersebut secepatnya sesuai dengan standar prosedur yang berlaku di Perusahaan dan/atau ketentuan regulasi yang mana berlaku.

Pengguna setuju bahwa Pengguna menggunakan dan memanfaatkan Layanan SLASH atas risiko Pengguna sendiri, dan setiap produk dan layanan yang tersedia di Layanan SLASH, termasuk produk dan layanan yang disediakan oleh pihak ketiga melalui atau sehubungan dengan Layanan SLASH, diberikan kepada Pengguna pada “SEBAGAIMANA ADANYA” dan “SEBAGAIMANA TERSEDIA” (as is where is basis)

Sejauh diizinkan oleh Hukum yang berlaku, Perusahaan (termasuk afiliasinya, induk Perusahaan, direktur dan karyawan) dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut Perusahaan bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada kerugian finansial, reputasi, keuntungan atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

      1. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan SLASH;
      2. Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan SLASH yang tidak disebabkan oleh Perusahaan;
      3. Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna;
      4. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual;
      5. Perselisihan antar Pengguna;
      6. Pencemaran nama baik pihak lain;
      7. Setiap akibat dari penggunaan atau pemanfaatan barang atau jasa yang telah dibeli pihak Pengguna dari pihak penjual barang atau jasa tersebut;
      8. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke rekening virtual account resmi SLASH, yang dengan cara apa pun mengatas-namakan SLASH ataupun disebabkan karena kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian atau penolakan dari pihak bank, perusahaan dagang atau lembaga keuangan lainnya, untuk alasan apapun;
      9. Kerugian akibat Pengguna tidak dapat melakukan atau menyelesaikan transaksi apapun melalui Layanan SLASH;
      10. Setiap keterlambatan, gangguan atau pemutusan transaksi baik yang disebabkan oleh kesalahan administrasi, kesalahan teknis atau mekanik, listrik, electronik atau kesulitan atau alasan lain atau keadaan di luar kendali dari Perusahaan (termasuk tetapi tidak terbatas pada Keadaan Memaksa (Force Majeure));
      11. Penggunaan yang tidak sah dari setiap Akun SLASH atau setiap biaya, denda atau penalti yang dibayarkan oleh Pengguna kepada pihak ketiga;
      12. Penipuan atau kesalahan dari pihak ketiga mana pun;
      13. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Power Merchant, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Layanan SLASH;
      14. Kerusakan pada perangkat keras Anda (Pengguna)
      15. Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan Akun SLASH; atau
      16. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada Akun SLASH milik Pengguna.
      17. Sejauh diizinkan oleh Hukum yang berlaku, Perusahaan (termasuk afiliasinya, induk Perusahaan, direktur atau karyawannya) tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan langsung, khusus, tidak langsung atau konsekuensial, atau kerusakan apa pun lainnya, termasuk tetapi tidak terbatas pada kehilangan penggunaan, kehilangan keuntungan atau hilangnya data, walaupun dalam suatu tindakan dalam kontrak, kesalahan (termasuk tetapi tidak terbatas pada kelalaian) atau sebaliknya, yang timbul dari atau dengan cara apa pun terkait dengan penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan Layanan SLASH, termasuk, namun tidak terbatas pada, kerusakan yang disebabkan oleh atau akibat dari ketergantungan oleh Pengguna pada informasi yang diperoleh dari Layanan SLASH, atau yang dihasilkan dari kesalahan, kelalaian, gangguan, penghapusan file atau email, kesalahan, cacat, virus, keterlambatan pengoperasian atau transmisi atau kegagalan kinerja.
      18. Sejauh diizinkan oleh Hukum yang berlaku, Perusahaan (termasuk afiliasinya, induk Perusahaan, direktur, karyawannya, kuasanya, atau agennya) tidak bertanggung jawab kepada Pengguna atas kehilangan atau kerusakan dalam bentuk apa pun yang mungkin Pengguna derita akibat menjadi anggota dari Layanan SLASH, kecuali jika kehilangan atau kerusakan tersebut muncul dari pelanggaran Perusahaan terhadap Ketentuan SLASH ini atau disebabkan oleh kelalaian penipuan oleh Perusahaan (termasuk afiliasinya, induk Perusahaan, direktur atau karyawannya).

I. KETENTUAN PENGGUNAAN LAYANAN SLASH

Pengguna telah membaca, memahami, mengerti dan menyetujui untuk mematuhi Hukum yang berlaku dalam penggunaan Akun SLASH pada Layanan SLASH dan tidak akan melakukan hal-hal sebagai berikut:

      • Mendaftar untuk lebih dari satu Akun SLASH dengan menggunakan satu identitas perangkat seluler internasional (IMEI).
      • Mendaftar untuk akun atas nama orang lain selain diri Pengguna sendiri atau atas nama kelompok atau entitas apa pun.
      • Memposting atau menyediakan konten, atau mengambil tindakan apa pun pada situs Layanan SLASH, yang dapat dianggap sebagai fitnah yang melanggar hak orang lain atau melanggar Hukum yang berlaku.
      • Memposting atau menyediakan konten yang menurut penilaian Perusahaan tidak dapat diterima, seperti konten yang berbahaya, berisi ancaman, cabul, penipuan, melanggar privasi, mengandung SARA, kebencian, atau bersifat tidak menyenangkan bagi orang lain, sehingga dapat membatasi atau menghambat orang lain dari menggunakan Layanan SLASH.
      • Memposting atau menyediakan iklan, permintaan, materi promosi, atau bentuk permintaan lainnya apa pun yang melanggar atau bertentangan dengan Hukum yang berlaku atau tanpa persetujuan dari pemilik informasi atau data tersebut;
      • Menggunakan informasi, data atau konten di Layanan SLASH untuk mengirim pesan yang tidak diinginkan kepada pengguna lain;
      • Meminta kata sandi atau menggunakan informasi atau data untuk tujuan komersial atau melanggar Hukum yang berlaku;
      • Menggunakan Layanan SLASH dengan cara apapun yang dapat menggangu, merusak, menghambat atau membatasi penggunaan Layanan SLASH;
      • Mengumpulkan alamat email atau informasi kontak lainnya dari pengguna yang lain melalui Layanan SLASH tanpa persetujuan dari SLASH, baik secara elektronik maupun menggunakan skrip otomatis; dan/atau
      • Memposting atau menyediakan materi apa pun yang berisi virus perangkat lunak atau dalam bentuk kode atau program apapun yang dapat mengganggu, merusak, menghambat atau membatasi penggunaan Layanan SLASH.

J. LAIN-LAIN

      1. Perusahaan menyediakan sarana pelayanan Pengguna yaitu layanan pendukung pelanggan (Customer Support) yang beroperasi setiap hari Senin sampai Minggu (pukul 09.00 – 18.00 WIB) dan dapat diakses sebagai berikut:
        1. Melalui e-mail ke cs@getslash.id
      2. Pengguna dengan ini menyetujui Perusahaan untuk menyediakan edukasi dan informasi mengenai layanan atau fitur terbaru melalui Situs SLASH, SMS, social media, email, aplikasi atau sarana lainnya yang ditentukan oleh Perusahaan.
      3. Pengguna dengan ini menyetujui dan bersedia untuk dihubungi oleh Perusahaan terkait adanya keterlambatan Pembayaran/pelunasan Transaksi melalui sarana yang ditentukan oleh Perusahaan sewaktu-waktu. Ketentuan Layanan SLASH dan Perjanjian tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia.
      4. Setiap kecurangan yang dilakukan oleh Pengguna ataupun Perusahaan akan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui atau diakses oleh masyarakat luas melalui media sosial yang seluruhnya akan dilakukan sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan..
      5. Apabila ada pasal-pasal dan/atau ketentuan dalam Ketentuan SLASH ini yang bertentangan atau melanggar berdasarkan Hukum yang berlaku ataupun dianggap oleh otoritas yang berwenang tidak dapat diberlakukan, maka pasal dan/atau ketentuan tersebut harus diubah untuk memungkinkannya diberlakukan sesuai dengan Hukum yang berlaku, dan pasal-pasal dan/atau ketentuan-ketentuan lain yang tidak bertentangan atau melanggar Hukum yang berlaku akan tetap dianggap berlaku secara penuh dan efektif.
      6. Pengguna setuju untuk menyelesaikannya secara musyawarah untuk mufakat apabila terjadi perselisihan atau sengketa. Apabila dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender tidak tercapai kesepakatan penyelesaian maka Pengguna setuju untuk menyelesaikannya melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) yang beralamat di Wahana Graha Lt. 1&2, Jalan Mampang Prapatan No. 2, Duren Tiga, Pancoran, RT.4/RW.1, Duren Tiga, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760 dan keputusan yang dihasilkan melalui BANI tersebut adalah bersifat final dan mengikat.
      7. Perusahaan dapat mengubah dan/atau memperbaharui syarat dan ketentuan pada Ketentuan SLASH (“Ketentuan SLASH Diperbaharui”) atau memperbaharui deskripsi terhadap produk, layanan berikut ketentuan terkaitnya yang disediakan pada atau sehubungan denganLayanan SLASH (“Pengkinian Layanan SLASH”) dari waktu ke waktu, dengan memberitahukan atau menginformasikan kepada Pengguna melalui mekanisme atau sarana yang ditentukan oleh Perusahaan. Kecuali perubahan dalam Ketentuan SLASH adalah sebagaimana disyaratkan oleh Hukum yang berlaku, Perusahaan dapat memberitahukan terlebih dahulu kepada Pengguna atas Ketentuan SLASH Diperbaharui atau Pengkinian Layanan SLASH, dengan memposting pada Situs SLASH. SLASH menyarankan agar Pengguna secara seksama dan memeriksa setiap halaman dan ketentuan pada Ketentuan SLASH dari waktu ke waktu untuk mengetahui setiap perubahan atau pengkinian apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Layanan SLASH, maka Pengguna dianggap menyetujui setiap perubahan atau pengkinian dari Ketentuan SLASH, termasuk setiap Ketentuan SLASH Diperbaharui dan Pengkinian Layanan SLASH
      8. Seluruh ketentuan, hak dan kewajiban didalam Layanan SLASH dapat berakhir dan masing-masing Pihak dibebaskan dari segala tanggung jawab dalam hal suatu peristiwa Keadaan Memaksa (Force Majeure) terjadi. Pembebasan dari segala tanggung jawab tersebut terus berlaku selama peristiwa-peristiwa yang dianggap sebagai Keadaan Memaksa (Force Majeure) masih terus berlaku dan Pihak telah melakukan hal-hal yang dianggap wajar untuk memitigasi peristiwa-peristiwa yang dianggap sebagai Keadaan Memaksa (Force Majeure) tersebut. Dalam hal Keadaan Memaksa (Force Majeure) tersebut terus berlangsung lebih dari 30 (tiga puluh) hari, Pihak akan, dengan itikad baik, membahas perubahan dari Ketentuan SLASH dan dokumen-dokumen sehubungan dengan Layanan SLASH untuk memitigasi segala keterlambatan ataupun penundaan atas pelaksanaan hak dan kewajiban yang terjadi dikarenakan oleh Keadaan Memaksa (Force Majeure).
      9. Dengan membaca, memahami, serta menyetujui persyaratan dan Ketentuan SLASH ini, Anda menyatakan persetujuan Anda secara tegas dan tanpa terkecuali terhadap Ketentuan SLASH ini.

DENGAN TERUS MENDAFTAR DAN MENGGUNAKAN LAYANAN SLASH, SAYA MENGKONFIRMASI, MENGAKUI DAN MENYATAKAN BAHWA SAYA TELAH MEMBACA KETENTUAN SLASH INI. DENGAN MENGKLIK TOMBOL “DAFTAR”, “HUBUNGKAN” ATAU “KIRIM” BAIK DARI LAYANAN SLASH, MEDIA SOSIAL ATAU PLATFORM PUBLIK YANG TERKAIT DENGAN LAYANAN SLASH, SAYA TELAH MEMBACA, MENGERTI DAN MEMAHAMI BAHWA SAYA SETUJU DENGAN SEMUA KETENTUAN SLASH DAN KETENTUAN SLASH INI MERUPAKAN PERJANJIAN YANG MENGIKAT DAN BERKEKUATAN HUKUM TETAP